Rabu, 16 Februari 2011

JAUNDICE ( BAYI KUNING)

JAUNDICE
Pada beberapa bayi baru lahir ada yang menjadi kuning setelah berumur beberapa hari, seringkali menimbulkan kecemasan pada orang tua takut menjado berbahaya, apakah harus diopname? serta bagaiana pencegahannya dan pengobatannya?



APA ITU JAUNDICE?
Adalah warna kuning pada kulit atau bagian sclera mata ( bagian ptih dari mata), biasanya pertama kai terlihat adalah pada muka selanjutnya dada, perut dan terakhir tangan.


untuk melihat lebih mudah, silahkan tekan dengan lembut dahi dengan jari untuk mengetahui warna kuning pada bayi, bila kulit bayi berwarna gelap, lebih mudah dilihat ditelapak tangan atau mata.


Penyebabnya adalah:
Adanya pengeluaran dan penumpukan pigmen ( bilirubin) dalam darah, dan Fungsi hati pada bayi yang baru belum begitu sempurna untuk mengeluarkan bilirubin.




BAGAIMANA BILIRUBIN DIALIRKAN KEDALAM DARAH.


  • Terjadi secara normal pada tubuh dimana sejumlah besar sel darah merah dihancurkan dan diganti setiap hari.
  • Sel darah merah yang pech akan mengeuarkan bilirubin. Dalam darah dan bilirubin diubah menjadi subtansi yang beracun.
  • Subtansi yang beracun ini segera  akan dikeluarkan melalui urine dan faeces.

KEADAAN APA SAJA YANG MENYEBABKAN KUNING PADA BAYI ANDA.
Pada beberapa keadaan ikterus yang terjadi pada bayi, penting untuk diketahui karena beberapa bisa menjadi serius sehingga memerlukan perawatan di rumah sakit. Seperti kasus kelainan congenital, virus dan infeksi bakteri, keracunan obat dan fungsi hati yang abnormal mungkin memerlukan operasi . segera bawa bayi anda untuk periksa dokter apabila menunjukan gejala seperti diatas.

APA YANG HARUS KITA LAKUKAN BILA BAYI KITA TERKENA JAUNDICE?
  • bawalah bayi segera ke Dokter, pertama kali untuk mengecek bilirubin dan melihat apakah memerlukan perawatan atau tidak.
  • Apabila jaundicenya ringan dan terjadi pad minggu pertama kemungkinan fisiologis, maka dokter akan memeberikan saran untuk mengamati tingkat jaundicenya dengan memeriksa bilirubin dan bisa juga di ceck melalui penekanan secara lembut dengan jari pada dahi.
  • Fisiologis jaundice akan membaik dengan sendirinyaa dalam beberapa hari, dokter akan melihat kembali mengecek apa jaundicenya menurun atau tidak.
  • jaundice dapat menjadi berat dan tidak hilang selama berhari-hari sehingga membahayakan dan memerlukan perawatan, dengan terapi dan papawan sinar gelombang ultraviolet, untuk membuang dari bilirubin sebagai produk yang membahayakan dikelarkan melalui urine atau faeces.

PENCEGAHANYA
  • Menjemur bayi tiap pagi dengan sinar matahari akan menyebabkan bilirubin diubah ikatannya sehingga menjadi lebih mmudah larut dalam air dan di buang melalui urine atau tinja.
  • Memberikan ASI sesering mungkin disesuaikan dengan kebutuhan bayi ( on demand) sehingga bilirubin dapat dikeluarkan dari tubuh melalui urin.
  • Pagi hari dijemur sekitar pukul 09.00, bayi harus dalam keadaan telanjang, posisi membelakangi matahari, jemur selama 20 menit sampai 30 menit dengan posisi dibolak balik.



semoga bermanfaat
terimakasih semoga bermanfaat....


0 komentar:

Posting Komentar