Gejala Depresi

Jika anda mengalami sedikitnya satu gejala pada keluhan utama disertai 4 gejala penyerta atau keluhan lain anda mungkin mengalami depresi. depresi bila tidak diobati dengan baik akan berulang berkepanjangan yang akan menggangu kualitas hidup si penderita, sehingga menggangu kenyamanan,produktivitas dan aktivitas penderita sehari-hari, pada keadaan yang..? Baca Selengkapnya..!

Teori konspirasi

Teori konspirasi untuk mengakhiri semua teori konspirasi adalah bahwa presiden John F. Kennedy tidakdibunuh oleh Lee Harvey Oswald, seperti yang banyak dipercaya. Sebaliknya, sejumlah besar orang percaya bahwa JFK dilakukan oleh FBI, CIA, Federal Reserve, Lyndon B. Johnson, keluarga Bush atau radikal anti-Castro Kuba, tergantung pada sayap pinggiran konspirasi yang Anda ajak bicara

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Rabu, 09 Februari 2011

KISI-KISI FISIKA SMA/MA (PROGAM IPA) TAHUN 2010/2011



KISI-KISI FISIKA SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 PROGRAM IPA

1. Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan objektif.


INDIKATOR

  • Membaca pengukuran salah satu besaran dengan menggunakan alat ukur tertentu.
  • Menentukan besaran skala dan vektor serta menjumlah/mengurangkan beasaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
2. Memahami gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanik benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, implus dan momentum

INDIKATOR
  • Menentukan besaran-besaran fisika gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola.
  • Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan hubungan besaran-besaran fisika yang terkait dengan gaya gravitasi.
  • Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen.
  • Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait dengan gaya rotasi.
  • Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan usaha dan perubahan energi.
  • Menjelaskan sfat elastisitas benda atau penerapan konsep elastisitas dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik.
  • Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan impuls, momentum, atau hukum kekekalan momentum.

3.Memahami prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan hukum perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapan dalam mesin kalor.

INDIKATOR
  • Menjelaskan proses perpindahan kalor atau penerapan azas Black dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal.
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas.
  • Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor.

4. Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi

INDIKATOR
  • Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan pengamatan menggunakan mikrokop atau teropong.
  • Menjelaskan berbagai jenis gelombang serta memanfaatkannya atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari
  • Menentukan besaran-besaran tertentu dari gelombang berjalan.
  • Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan perisiwa interferensi atau difraksi cahaya.
  • Membandingkan intensitas atau taraf intensitas dari beberapa suber bunyi yang identik.
  • Menentukan besaranbesaran tertentu yang menimbulkan efek Doppler atau menentukan hukum Columb atau medan listrik.

5. Menetapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan pruduk teknologi.

INDIKATOR
  • Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum Columb atau edan listrik.
  • Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan atau tegangan listrik.
  • Menggunakan Hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup.
  • Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan medan magnet induksi di sekitar kawat berarus.
  • Menjelaskan timbulnya gaya magnet ( gaya Lorentz) atau menentukan besaran-besaran yang memepengarhinya.
  • Menjelaskan kaitan besaran-besaran fisis pada peristiwa induksi Faraday.

6.memahami konsep dan prinsip relativitas teori atom dan radioaktivitas serta penerapannya.

INDIKATOR
  • Membedakan teori atom.
  • Menganalisis teori relativitas dan besaran-besaran yang terkait.
  • menjelaskan teori Kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam.
  • Menentukan besaran - besaran fisis pada reaksi inti atom.
  • Menentukan jenis-jenis zat radioaktif atau mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan.


semoga bermanfaat!!!

KISI-KISI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA TAHUN 2010-2011





KISI-KISI UN MATEMATIKA SMA/MA TAHUN 2010-2011 (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)

1. Memahami pernyataan daam matematika dan ingkaran, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk serta mengungkapkan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah.


INDIKATOR
Menentukan pernyataan yang diperoleh dari penarikan kesimpulan dari dua presmi yang diberikan.


2. Memahami masalahyang beraitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan tidak persamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, sistem persamaan linier, program linear, matriks, vektor, transformasi geometri, baris dan deret, serta penggunaanya dalam pemecahan masalah.


INDIKATOR

  • Menggunakan aturan pangkat dan aljabar untuk menyederhanakan bentuk aljabar.
  • Menyelesaikan persamaan logaritma.
  • Menggunakan diskriminan untuk menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi kuadarat.
  • Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akaar-akar pesamaan kuadarat untuk menentukan unsur yang belum diketahui dari pesamaan kuadrat.
  • Menentukan pesamaan kuadrat baru yang akar-akarnya berelasi linear dengan akar-akar persamaan kuadarat yang diketahui.
  • Menentukan persamaan garis siggung lingkaran.
  • Menentukan komposisi dua fungsi atau invers.
  • Menggunakan aturan teorema faktor.
  • Menyeesaikan masala sistem persamaan linear
  • Menyelesaikan masalah program linear.
  • Menyelesaikan oprasi matrik.
  • Menentukan panjang proyeksi atau vektor proyeksi.
  • Menentukan fungsi invers dari fungsi eksponen dan logaritma.
  • Menentukan suku ke -n dari deret aritmetika.
  • Menyelesaikan masalah dari aritmetika atau logaritma.

3. Memahami sifat dan atau geometri dalam menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang, jarak dan sudut.

INDIKATOR
Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik, garis, dan bidang) di ruang.

4. Memahami konsep perbandingan fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi aljabar untuk menyusun bukti serta menggunakan dalam pemecahan masalah.

INDIKATOR
  •  Menggunakan sinus atau kosinus untuk menghitung unsur pada segi banyak.
  • Menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan aturan sinus dan kosinus.
  • Menyelesaikan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri.
  • Menghitung nilai perbandingan trigonometri dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut serta jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen.
5. Memahami konsef limit, turuna dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

INDIKATOR
  • Menghitung nilai limit fungsi aljabar dari fungsi trigonometri.
  • Menentukan penyelesaian  dari soal aplikasi turunan fungsi.
  • Menghitung integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
  • Menghitung luas daerah dan volume benda putar dengan menggunakan integral.

6. Mengolah, menyajikan dan menafsirkan data, memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

INDIKATOR
  • Menghitung ukuran pemusatan dari suatu data dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik
  • Menggunakan kaidah pencacahan, permutasi/kombinasi untuk menyelesaikan masalah yang terkait.
  • Menghitung peluang suatu kejadian

DIET JANTUNG



APA YANG DIMAKSUDDENGAN "DIET"
PENYAKIT JANTUNG?

Pengaturan pola makan agar tidak memberatkan kerja jantung dan membantu memperbaiki fungsi jantung.


MENGAPA HARUS MENJALANI "DIET" INI?

<> Memberikan makanan secukupnya agar tidak memberatkan       
      jantung.
<> Menurunkan berat badan bila terlalu gemuk.
<> Mencegah atau mengurangi penimbunan garam atau air.


APA SYARAT "DIET" INI?

<> Energi cukup.
<> Protein cukup.
<> Lemak sedang.
<> Cholesterol rendah.
<> Vitamin dan mineral cukup.
<> Garam cukup.
<> Makanan mudah cena dan tidak menimbulkan gas.
<> Serat cukup untuk menghindari konstipasi dan membantu menurunkan kadar cholesterol darah.
<> Bentuk makanan di sesuaikan dengan keadaan pasien.
<> Bila kebutuhan gizi tidak dapat di penuhi, makanan dapat diberikan berupa makanan enteral, 
     parenteral suplemen gizi.


MAKANAN YANG DIANJURKAN

<> Makanan pokok
     Beras merah, pasta, macaroni, roti tinggi serat, cereal, kentang.
<> Protein hewani
     Ikan, daging tanpa selap lemak, ayam tanpa kulit, putih telur, susu skim, yoghurt rendah lemak,                          
     keju rendah lemak.


MAKANAN YANG TIDAK DIANJURKAN

<> Sumber karbohidrat
     pie, cake, croissant, pastries, biscuit dan keu berlemak.
<> Protein hewani 
     Daging berlemak tinggi, daging kambing, daging babi, jeroan, otak, kuning telur, daging yang di awetkan, 
     susu full cream.


DIARE PADA ANAK-ANAK





DIARE PADA ANAK

diare bisa disebabkan oleh kuman dan bakteri melalui mulut, kuman ini berasal dari air, makanan, tangan, peralatan, makanan yang dihinggapi lalat dan kotoran yang melekat pada tangan, dan kuku jari

APAKAH DIARE BERBAHAYA?

  • diare berbahaya, apabila tidak diberi perawatan dengan baik dapat menyebabkan kematian
  • kematian pada diare disebabkan oleh karena dehidrasi yaitu kehilangan cairan dan mineral yang terlalu banyak pada anak-anak.
  • apabila diare terjadi pada anak-anak maka perlu diberi minum/oral dehidrasi lebih banyak dari biasa untuk menggantikan cairan yang hilang.


CAIRAN APA SAJA YANG PERLU DIBERIKAN KEPADA ANAK DIARE?

cairan yang sesuai untuk mencegah dehidrasi pada anak-anak:
  • garam rehidrasi oral (ORS)
  • susu ibu.
  • sup.
  • air buah-buahan.
  • air kelapa muda.
bila yang di atas tidak bisa, membuat sendiri oralit yaitu seujung sendok teh garam dicampur 1 sendok teh gula, cairan tersebut selalu diberikan kepada anak-anak setiap kali sehabis BAB.

jumlah yang perli diberikan adalah:
  • 0-1 tahun: 50-100 cc tiap muntah/diare.
  • 1-2 tahun: 100-200 cc tiap muntah/diare.
  • 2-5 tahun: 200-300 cc tiap muntah/diare.
apabila anak-anak muntah, tunggu selama 10 menit, kemudian berikan lagi minuman tersebut secara perlahan-lahan cairan ini diberikan sampai diare berhenti.

GARAM REHIDRASI ORAL (ORALIT)
  • merupakan suatu minuman yang khas untuk diare.
  • biasa digunakan oleh para dokter, perawat, dan bidan dalam pencegahan pertama diare agar tidak terjadi kekurangan cairan elektrolit pada anak.
  • bisa diperoleh di apotek, toko obat, puskesmas, dll
  • larutkan oralit dengan air hangat kuku, jumlah air harus sesuai dengan petunjuk yang ada di bungkus oralit tersebut agar tidak berlebihan atau berkurang (200ml).
  • tidak boleh disimpan melebihi 24jam.

BAYI YANG MENDAPAT ASI DENGAN DIARE
bayi yang mendapat ASI selama diare tetap diberikan. dan asi diperas dimasukan kedalam botol atau diberikan denngan menggunakan sendok. 

TANDA-TANDA DIARE BERBAHAYA DAN PERLU PERAWATAN LANJUT
anak yang menunjukan tanda-tanda kehilangan cairan tubuh yang banyak
  • mata cekkung.
  • haus/dahaga.
  • tidak air mata bila menangis.
  • buang air kecil sedikit. atau BAK warnanya kuning pekat.
  • panas tinggi.
  • tidak mau makan atau minum seperti baiasa kadang-kadang muntah.
atau bila,
  • BAB mengandung darah.
  • BAB beberapa kali dalam 1-2jam.
  • diare kronis berlarut-larut lebih dari 2 minggu.
  • anak terlihat sesak.

BAGAIMANA ANAK-ANAK YANG BARU SEMBUH DARI DIARE?
  • memberikan lebih banyak makanan penting untuk pemulihan.
  • memberikan makanan tambahan sekurang-kurangnya 1 minggu untuk mendapat kembali nutrisinya yang hilang selama diare.
  • pemberian ASI harus lebih sering, untuk proses penyembuhan.
  • keadaan anak yang sembuh diare berat badannya harus kembali ke berat semula.

PENCEGAHAN DIARE
  • pemberian ASi ekslusif selama 6 bulan agar kekebalan dari ibu cukup.
  • bayi yang terlah berusia 6 bulan, diberi makanan tambahan yang bersih, bergizi tinggi namun ASI tetap diberikam.bila ASI selalu di berikan dengan botol maka harus terjami  kebersihanya.
  • air minum dimasak dan di dinginkan dulu sebelum diminum.
  • berikan imunisasi untuk mencegah campak bisa menyebabkan diare hebat.
  • selalu membiasakan diri cuci tangan dengan sabun sebelum memberikan makanan pada si anak.
semoga bermanfaat sobat