Rabu, 09 Februari 2011

KISI-KISI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA TAHUN 2010-2011





KISI-KISI UN MATEMATIKA SMA/MA TAHUN 2010-2011 (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)

1. Memahami pernyataan daam matematika dan ingkaran, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk serta mengungkapkan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah.


INDIKATOR
Menentukan pernyataan yang diperoleh dari penarikan kesimpulan dari dua presmi yang diberikan.


2. Memahami masalahyang beraitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan tidak persamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, sistem persamaan linier, program linear, matriks, vektor, transformasi geometri, baris dan deret, serta penggunaanya dalam pemecahan masalah.


INDIKATOR

  • Menggunakan aturan pangkat dan aljabar untuk menyederhanakan bentuk aljabar.
  • Menyelesaikan persamaan logaritma.
  • Menggunakan diskriminan untuk menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi kuadarat.
  • Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akaar-akar pesamaan kuadarat untuk menentukan unsur yang belum diketahui dari pesamaan kuadrat.
  • Menentukan pesamaan kuadrat baru yang akar-akarnya berelasi linear dengan akar-akar persamaan kuadarat yang diketahui.
  • Menentukan persamaan garis siggung lingkaran.
  • Menentukan komposisi dua fungsi atau invers.
  • Menggunakan aturan teorema faktor.
  • Menyeesaikan masala sistem persamaan linear
  • Menyelesaikan masalah program linear.
  • Menyelesaikan oprasi matrik.
  • Menentukan panjang proyeksi atau vektor proyeksi.
  • Menentukan fungsi invers dari fungsi eksponen dan logaritma.
  • Menentukan suku ke -n dari deret aritmetika.
  • Menyelesaikan masalah dari aritmetika atau logaritma.

3. Memahami sifat dan atau geometri dalam menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang, jarak dan sudut.

INDIKATOR
Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik, garis, dan bidang) di ruang.

4. Memahami konsep perbandingan fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi aljabar untuk menyusun bukti serta menggunakan dalam pemecahan masalah.

INDIKATOR
  •  Menggunakan sinus atau kosinus untuk menghitung unsur pada segi banyak.
  • Menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan aturan sinus dan kosinus.
  • Menyelesaikan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri.
  • Menghitung nilai perbandingan trigonometri dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut serta jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen.
5. Memahami konsef limit, turuna dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

INDIKATOR
  • Menghitung nilai limit fungsi aljabar dari fungsi trigonometri.
  • Menentukan penyelesaian  dari soal aplikasi turunan fungsi.
  • Menghitung integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
  • Menghitung luas daerah dan volume benda putar dengan menggunakan integral.

6. Mengolah, menyajikan dan menafsirkan data, memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

INDIKATOR
  • Menghitung ukuran pemusatan dari suatu data dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik
  • Menggunakan kaidah pencacahan, permutasi/kombinasi untuk menyelesaikan masalah yang terkait.
  • Menghitung peluang suatu kejadian

0 komentar:

Posting Komentar