Minggu, 13 Februari 2011

DEMENTIA (PIKUN)



DEMENTIA ATAU PIKUN




Yang dimaksud Dementia adalah kekuatan mental / ingatan secra progresif yang disertai perubahan prilaku dan kepribadian yang bukan merupakan proses faktor ketuaan secara normal. gejalanya adalah pada tahap awal sering sekali sulit terditeksi yang disebabkan karena gejalanya yang sangat mirip dengan proses ketuaan yang normal. gejalanya adalah:
  • Pelupa dan depresi ringan.
  • sering salah menaruh barang (ditemukan ditempat yang tidak semestinya).
  • kurangnya dan penurunan akan daya penilaian.
  • Bermasalah dengan ide abstrak.
  • Sulit berkomunikasi, sering mengkoreksi kata bila berbicara,kalimat tidak lengkap.
  • Perubahan cepat dari suasana hati dan prilaku (menangis atau marah tanpa alasan jelas).
  • Perubahan kepribadian (bingung, cemas, curiga berlebihan).
  • ketidak mampuan melakukan tugas sehari-hati.Disorientasi waktu dan tempat.

Penyebab dementia dari sejumlah kasus penyebabnya berbeda-beda, ada yang paling sering Alzheimer's Disease dan penyakit cerebrovaskular diantaranya
stroke.

ALZHEIMER'S DISEASE

Penyebab pasti dari penyakit ini belum diungkapkan sseluruhnya, namun kondisi ini diduga karena adanya kerusakan akibat B Amyloyi diluar sel otak. Beberapa kumpulan atau plaque memperlihatkan gambaran peta alzheimer's disease, satu teori yang mendukung menyebutkan bahwa gambaran plaque akibat proses normal akan dibersihkan sehingga mencegah penumpukan protein.
Struktur ke2 yang abnormal adalah kekusutan ditemukan di luar sel saraf, lekukan dari pita pad neurofibril akan mengisi sel syaraf dan terjadilah gangguan fungsi, kerusakan komunikasi diantara beberapa otak yang berbeda.

CEREBROVASKULAR DISEASE

Dementia pada pembuluh darah merupakan hasil dari kerusakan secara progresif, dimana kerusakan ini diakibatkan kurangnya atau tidak adanya suplai oksigen ke bagian  yang dibutuhkan di otak , misalkan: pada infrak cerebri.
secara progresif dengan meluasnya kerusakan pada pembuluh kapiler otak menyebabkan terjadinya infark kecil-kecil di otak, sehingga terjadilah gangguan otak.


0 komentar:

Posting Komentar