Jumat, 14 Januari 2011

ANAK LANGSING TIDUR DIAKHIR PEKAN

Anak langsing tidur diakhir pekan




Apakah anak anda sering bermalas-malasan di tempat tidur sepanjang akhir pekan? Tak perlu kawatir, sebuah penelitian menemukan anak-anak yang lebih banyak tidur. Pada sabtu dan minggu dapat membuat badannya lebih langsing.
Tapi ingat itu hanya tidur extra di akhir pekan bukan bermalas malasan setiap hari, tidur diakhir pekan akan menggantikan istirahat  yang kurang di hari-hari biasa.
Para ilmuan meneliti kebiasaan banyak tidur yang dilakukan anak usia 5-15 tahun di hari sabtu dan minggu. Hasilnya, anak-anak ini tidak memiliki masalah berat badan. Penemuan ini terkait dengan studi sebelumnya bahwa kurang tidur saat malam bisa mengganggu metabolisme dalam tubuh karena bisa meningkatkan keinginan mengkonsumsi kalori yang lebih banyak dan akhirnya terkena obesitas.
Dalam penelitiannya, para ahli menanyakan orang tua dari 5000 anak disekolah dan mengumpulkan informasi soal pola makan, pola hidup, berat badan serta rutinitas tidurnya. Sebagian besar anak-anak memiliki waktu tidur 9 jam sepanjang hari saat hari sekola. Namun ternyata tidur malamnya justru kurag dari 8 jam.
Peneliti universitas china di hongkong mengatakan kelebihan berat badan dan obesitas pada anak banyak anak-anak yang bangun tidur lebih awal dan durasinya tidur lebih pendek di hari sekolah.
Studi ini menunjukan tidur lebih lama di akhir pekan bisa menurunkan resiko kelebihan berat badan atau obesitas.
Temuan ini telah diterbitkan di jurnal pediatri yang melengkapi penelitian sebelumnya yang telah menunjukan adanya hubungan erat antara kurang tidur dengan obesitas.
(dailymail.com)

0 komentar:

Posting Komentar