Jumat, 14 Januari 2011

BOLEHKAH IBU HAMIL MINUM AIR DINGIN

Bolehkah ibu hamil minum air dingin?


Ada mitos, orang hamil tidak boleh minum air dingin karena dapat mengakibatkan anak dalam kandunganya besar. Apakah benar ibu hamil tidak boleh minum air dingin? Berikut penjelasannya.
Saat hamil terkadang perempuan ingin minum air dingin, apalagi jika cuaca sedang terik. Tapi banyak juga yang takut minum air dingin karena kwatir bakalan sulit saat melahirkan nanti. Padahal tidak demikian. Bayi yang besar saat dilahirkan bukan karena kebanyakan minum iar dingin tetapi lebih pada si ibunya yang mempunyai keturunan penyakit kencing manis (diabetasi).
Ibu hamil boleh saja mengkonsumsi air dingin, tapi posisinya jangan terlalu banyak karena untuk ibu hamil lebih baik mengkonsumsi air putih biasa dengan jumlah yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi. Saat manusia mengkonsumsi air dingin, maka tubuh harus membakar kalori atau lemak untuk meningkatkan temppratur dari minuman dingin tersebut.
Jadi, kalau ibu hamil sering minum air dingin  tubuhnya akan bekerja keras dan mengurangi kalori dalam tubuhnya karena air dingin yang disesuaikan dengan tempratur suhu tubuh. Tapi bukan berarti air dingin bisa membuat bayi besar. Karena air dingin yang dikonsumsi ibu hamil tetap akan dikeluarkan melalui urine.
Satu hal yang pasti jangan mengkonsumsi air dingin setelah makan, karena bisa memperlambat pencernaan dan menyerap makanan padat lebih lama. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil minum air hangat saja setelah makan
(childbirth.com)

0 komentar:

Posting Komentar