Jumat, 14 Januari 2011

CARA MENCEGAH STROKE

Bagaimanakah mencegah terjadinya stroke?





Mencegah merupakan langkah terbaik dalam penanganan stroke, selain biaya yang dibutuhkan lebih murah, juga hasilnya jauh lebih baik dari pada mengobati stroke yang sudah terjadi. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya stroke.


1.     Mengubah pola hidup. Pola hidup yang sehat seperti berorah raga secara teratur, hidari merokok dan minum alkohol, sangat dianjurkan.
2.     Mengatur pola makan. Pola makan yang sehat dan cukup  dapat mengurangi terjadinya resiko stroke, penderita yang mempunyai penyakit dasar, seperti hipertensi, diabetes, hiperkolestrol, dan asam urat perlupengaturan asupan makanan lebih ketat.
3.     Menghindari stres yang berlebihan. Stres bisa meningkatkan kadar hormon epinefrin yang mengakibatkan tekanan darah dan denyut jantung meningkat, sehingga mempermudah terjadinya kerusakan pada dingding pembuluh darah.
4.     Mengobati penyakit-penyakit dasar. Penyakit dasar perlu diobati, baik dengan mengatur pola hidup dan pola makan, atau dengan terapy medis, penyakit dasar yang telah disebutkan sebelumnya dapat menyebabkan beberapa penyakit akibat seperti stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, gangguan mata, gangguan saraf tepi, gangguan saraf otonom. Dan lain-lain.

Perawatan penderita stroke di rumah (rehabilitasi)

Penanganan penderita stroke tidak hanya berhenti setelah di rumah sakit. Hal ini disebabkan sebagian penderita pulang dengan keadaan cacat, dimana masih terdapat sisa gejala stroke yang dialami. Untuk penderita dengan kondisi demikian perlu dilakukan rehabilitasi, baik berupa fisioterapi, terapi bicara, dukungan sosial.
Fisioterapi dilakukan dengan melatih otot-otot anggota gerak terutama yang mengalami kelumpuhan. Terapi bicara dilakukan pada penderita yang mengalami gangguan komunikasi, baik gangguan pada pusat bicara atau otot-otot bicara.
Tidak kalah penting juga dukungan sosial (social suport) terutama dukungan keluarga terutama dukungan keluarga terhadap gejala sisa stroke, tetap diperlukan pengobatan penyakit dasarnya, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadi stroke ulang dan penyakit lainnya. Untuk itu ketaatan dan keteraturan berobat sangat diperlukan.

Semoga bermanfaat....!!!

0 komentar:

Posting Komentar