Jumat, 14 Januari 2011

BANYAK SERAT BISA JUGA TIDAK BAIK


Banyak serat
Bisa juga tidak baik?










Anjuran banyak-banyaklah memakan serat untuk menjaga kesehatan sepertinya tidak sepenuhnya benar. Kebanyakan memakan serat malah membuat usus teririsasi yang memicu penyakit irritable bowel syndrome ( IBS).
Dalam studi yang akan diterbitkan dalam british medical journal menunjukan bahwa terlalu banyak makan sereal kulit padi dan serat lainnya kemungkinan lebih banyak keburukan daripada kebaikannya.
Profesor Peter whorwell dari whythenshawe hospital, manchester menuntut perlunya penanganan dalam terminologi IBS ini. Serat seharusnya tidak dilihat lagi sebagai satu-satunya hal penting untuk diet sehat terutama bagi penderita IBS.
Gejala IBS ditandai dengan adanya gangguan usus yang kronik, rasa sakit atau kram perut, kembung, diare hingga sembelit. Meskipun tidak diketaui apa penyebabnya, perempuan tiga kali lebih banyak ketimbang laki-laki.
Propesor peter menyarankan pasien IBS untuk makanan tinggi serat dengan roti putih, pasta putih, biskuit, kue,da krim biskuit apapun yang penting terbuat dari tepung serat halus.
Serat yang bagus adalah buah dan sayur mengandung serat larut dala air, berbeda dengan serat yang tidak larut, yang ditemukan didalam makanan seperti kulit gandum dan yang dalam proses pencernaannya tidak berubah sehingga menggangu usus yang sensitif.
Konsumsi serat yang ideal per hari untuk orang deawasa disarankan hanya 30-40 gram per hari sedangkan untuk anak-anak10-20 gram per hari.,
(dailymail.com)

1 komentar:

haha... postingan yeuh... ! komentar blog abi nyaa..

Posting Komentar